Home » » Media Sosial Berisiko Keamanan Tertinggi

Media Sosial Berisiko Keamanan Tertinggi

Bagi anda pengguna jejaring sosial di dunia maya sebaiknya mulai sekarang lebih meningkatkan keamanan.Kareana  bisajadi media sosial yang anda gunakan justru akan merugikan.Silahkan baca selengkapnya artikel dibawah ini untuk lebih jelasnya :
Jakarta - Perusahaan keamanan jaringan WatchGuard Technologies merilis daftar media sosial yang berisiko tinggi terhadap keamanan jaringan perusahaan.

Ancaman ini coba diperingatkan President & CEO WatchGuard, Joe Wang, dalam sesi wawancaranya dengan detikINET di Ritz Carlton, Jakarta, Senin (18/4/2011).

"Menurut riset kami, ancaman terhadap jaringan korporat yang paling cepat perkembangannya saat ini," kata Wang.

Dalam paparannya dijelaskan, sejumlah lembaga riset telah melaporkan bahwa Amerika Serikat kehilangan milliaran dollar AS per tahun akibat penurunan produktivitas.

Dengan berbagai alasan seperti penurunan produktivitas karyawan dan ancaman terhadap jaringan perusahaan, WatchGuard pun menyusun daftar media sosial yang berisiko tinggi berdasarkan risetnya.

1. Facebook

Facebook menjadi situs jejaring sosial yang paling berbahaya saat ini, karena begitu populernya di kalangan pengguna, termasuk bisnis.

Dengan lebih dari 500 juta pengguna, Facebook menjadi lahan subur bagi peretas (hacker). Ditambah lagi sejumlah kekhawatiran teknis, seperti open App API (Application Programming Interface).

2. Twitter

Banyak orang tidak mengira ancaman bisa datang hanya dari 140 karakter, itu adalah asumsi yang salah. Dalam beberapa kasus, posting Twitter yang pendek justru menciptakan kelemahan dari penyingkat URL.

Fasilitas penyingkat URL ini memang bisa menghemat karakter, namun bisa disalahgunakan peretas untuk membuat tautan-tautan berbahaya. Selain itu, Twitter terancam serangan dari kelemahan terkait Web 2.0 dan API, termasuk juga worm.

3. YouTube

Sebagai salah satu situs video terpopuler di Internet, para peretas juga mengincar YouTube. Para peretas sering membuat laman Web berbahaya yang menyamar sebagai laman video YouTube.

Selain itu, para penyerang sering membanjiri bagian komentar dari YouTube dengan spam dan tautan-tautan berbahaya.

4. LinkedIn

LinkedIn membawa beban lebih berat karena situs ini umumnya berorientasi bisnis. Hal ini juga menarik minat peretas karena sifatnya yang sangat terpercaya.

Karena pengguna LinkedIn banyak menggunakan situs ini untuk menjalin relasi bisnis, mereka umumnya menampilkan informasi yang bisa jadi sensitif dan rahasia, tanpa mereka sadari.

5. 4chan

4chan adalah situs berbagi-pakai gambar yang cukup populer. 4chan sudah banyak terlibat dalam berbagai serangan Internet terkait 'anonymous' yang merupakan satu-satunya username yang didapatkan penggunanya.

"Para hacker membanjiri forum 4chan dengan spam," kata Wang.

6. Chatroulette

Situs ini memungkinkan pengguna kamera web melakukan chat dengan orang lain secara acak. Sifat website yang anonim ini menjadi target empuk bagi para pemangsa Internet.

"Bisnis semakin membutuhkan peralatan keamanan untuk mengelola banyaknya aplikasi web yang mengalir masuk ke jaringan korporasi. Kami memiliki solusi itu melalui WatchGuard Application Control," kata Wang setengah berpromosi.

Dengan WatchGuard Application Control, lanjut dia, para administrator TI kini bisa memilih untuk mengizinkan, memblokir atau membatasi akses ke aplikasi berdasarkan departemen, fungsi kerja, waktu dan hari, sekaligus membuat laporan pemakaian.

"Kemampuan ini menjaga bisnis dari aplikasi yang tidak produktif, tidak layak dan beresiko," tandas Wang.
 

Sumber : Detiknet.com


Bagikan artikel via :

13 komentar:

  1. waduh...karena keasyikan jadi pada lupa sama kerjaannya

    BalasHapus
  2. Nice post sobat.
    Kita memang harus selalu brhati2 terhadap segala kemungkinan trburuk dari media sosial yg kita pakai.Fb pertamaku kena hack,dan ini sangat tidak nyaman untuk saya!
    Salam kompak salam erat persahabatan!

    BalasHapus
  3. Beberapa sisi negatif diantara sisi positifnya barangkali ya

    BalasHapus
  4. bener sob kadang jg ganggu privasi kita

    BalasHapus
  5. waduh terus gimana nih,harus hati hati kalau gitu yaaa bos

    BalasHapus
  6. betul sob, fb saya dah 2 kali kena hack, untung saja msh bisa saya akalin lalu saya ambil alih kembali, makin bnyk aja sekarang cara serangan ke fb, salam kenal sob :)

    BalasHapus
  7. dah saya follow balik dgn nama anung :)

    BalasHapus
  8. untung aja blogger nggak masuk.makasih banyak atas infonya Pak.sebaiknya pada bagian profil kita mungkin harus dikurangi kelengkapan data-datanya agar lebih aman.cuma pendapat Pak.

    BalasHapus
  9. ★★★★★_NICE POST GAN_★★★★★

    BalasHapus
  10. Segala macam cara sudah banyak orang melakukan...maka dari itu kita harus lebih waspada kedepannya. agar tidak terjadi tindakan yang tidak di inginkan oleh kita....thank's sob infonya

    BalasHapus
  11. waspada hal negatif dan memanfaatkan sisi positifnya

    BalasHapus
  12. dunia maya kian merambah kemana2, efeknya pun kian membahayakan kala terlena di dalamnya

    BalasHapus
  13. Info bermanfaat, untuk menambah kewaspadaan dalam setiap media sosial yang diikuti. thanks dah share.

    BalasHapus

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. PRAPATAN KERTEK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger